Satu-Satunya ITS NU Akan Berdiri di Kabupaten Pekalongan

Satu-satunya Institut Teknologi dan Sains (ITS) Nahdatul Ulama (NU) di Jateng diremikan dan akan dibangun di Kabupaten Pekalongan tepatnya di Kecamatan Kedungwuni. Peresmian tersebut, dilakukan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir, di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Senin (31/12/2018). Pihaknya menuturkan, didirikannya IST NU untuk mendongkrak SDM yang ada di Pekalongan khususnya dalam hal sains dan teknologi.

“Adanya ITS NU di Pekalongan menambah jumlah ITS NU yang ada di Indonesia, karena ITS NU sudah ada di Kabupaten Pasuruan Jatim. Sedangkan tahun depan disiapkan lima ITS NU di Sumatera, kalimantan dan Nusa Tenggara Barat (NTB),” paparnya. Pihaknya juga menargetkan ITS NU berdiri di Indramayu, setelah di Jatim dan Jateng tepatnya di Kabupaten Pekalongan.

"Saya menargetkan paling tidak kedepan ada 10 ITS NU di indonesia. Bahkan kalau perlu masing-masing provinsi memiliki ITS NU sebagai bentuk kontribusi NU dalam mengembangkan sains dan teknologi di Indonesia," katanya.

Nasir menjanjikan setelah proses pembelajaran di ITS NU sudah berjalan maka akan didukung dengan bantuan perguruan tinggi berupa Bidik Misi, bantuan hibah perguruan swasta dan lainnya. "Kami akan terus dukung berdirinya kampus ITS NU karena prospek kedepan sangat tinggi untuk bidang sains dan teknologi," imbuhnya.