S1 Fisika

Visi

Visi program studi S-1 Fisika adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi program studi berkualitas internasional dalam pendidikan, penelitian dan implementasi teknologi dan sains dalam bidang fisika instrumentasi dan elektronika.
  2. Menjadi program studi berkualitas tinggi yang mendukung pengembangan teknologidan sains untuk meningkatkan taraf hidup manusia dan kemanusiaan yang berakidah islam ahlusunnah waljama’ah an-nahdliyah.

Misi

Misi program studi S-1 Fisika adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan lulusan berkualitas tinggi dengan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang fisika dan aplikasi-aplikasinya, terutama dalam bidang fisika instrumentasi dan elektronika.
  2. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat baik lokal, nasional ataupun internasional untuk mendukung pengembangan teknologi dan sains.

Tujuan

Tujuan program studi S-1 Fisika adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang profesional dan amanah.
  2. Menyelenggarakan riset yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menyebarluaskan hasil riset kepada masyarakat.
  4. Mengambil peran serta dalam proses pengembangan ilmu yang berbasis ilmu-ilmu dasar tingkat nasional dan internasional.

Profil Lulusan S-1 Fisika

Program studi S-1 Fisika di ITS NU Pekalongan memiliki konsentrasi unggulan yaitu fisika instrumentasi dan elektronika. Lulusan Program Studi S-1 Fisika diharapkan dapat berperan di masyarakat sebagai orang yang ahli di bidang instrumentasi dan elektronika. Instrumentasi itu sendiri adalah sebuah piranti atau seperangkat alat yang dapat digunakan untuk mengukur variable tertentu, menganalisa hasil, dan mengontrol keluaran yang diinginkan. Berbeda dengan lulusan teknik, lulusan S-1 Fisika di bidang intrumentasi dan elektronika menekankan pada pemecahan masalah dan konsep dasar sehingga sangat fleksibel untuk beradaptasi dalam berbagai bidang pekerjaan seperti:

  1. Peneliti pada berbagai lembaga penelitian misalnya LIPI, BATAN dsb.
  2. Berbagai bidang industri terutama yang menyangkut peralatan, sistem, kendali, robotika, akuisisi data, desain alat dsb.
  3. Desainer sistem kendali, otomasi sistem dan berbagai peralatan terutama elektronika atau berbasis komputer.
  4. Bidang instrumentasi medis yang berkaitan dengan sistem pengolahan sinyal dan citra, serta peralatan yang digunakan di rumah sakit.
error: Mohon Maaf, tidak boleh klik kanan, content ini terlindungi !!